Mengenal Malcolm Baldrige Criteria Sebagai Alat Pengendalian Kinerja

Salah Satu System  / Alat Pengendalian Kinerja

Kinerja excellent adalah impian setiap lembaga,  oleh sebab itu lembaga yang sadar akan pentingnya kinerja excellent tersebut tidak segan-segan mengeluarkan kocek sampai miliaran rupiah demi tercapainya impian kinerja yang excellent.

Malcolm Baldrige Criteria adalah suatu cara untuk memotret kondisi suatu perusahaan atau lembaga untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kunci keberhasilan atau kegagalan dimasa yang akan datang. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut pimpinan perusahaan atau lembaga tersebut dapat mengambil langkah-langkah yang signifikan untuk mengarahkan lembaganya menuju kinerja yang excellent.

Malcolm Baldrige Criteria tidak hanya mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan kunci dalam sebuah lembaga tetapi sekaligus menuntun pimpinan  untuk mengambil langkah-langkah perbaikan agar terhindar dari resiko gagal, bahkan mampu meraih kinerja yang excellent.

Malcolm Baldrige mengidentifikasi Key Success Factor (KSF) dari sebuah lembaga yang meliputi 6 (enam) kriteria proses  yaitu:

  1. Kriteria Leadership
  2. Kriteria Strategic Planning
  3. Kriteria Customer Focus
  4. Kriteria Data, Informasi dan Knowledge Management
  5. Kriteria Human Resource Focus
  6. Kriteria Operation Management

Sementara ada kriteria yang dinamakan kriteria result yaitu Outcomes.

Dasar pemikirannya adalah: kinerja sebuah lembaga yang berupa Result atau Outcomes sangat ditentukan oleh Prosesnya, bila proses bagus kinerja pasti bagus, sebaliknya bila proses buruk maka kinerja lembaga  juga pasti buruk, oleh sebab itu proses perlu dikendalikan secara baik agar menghasilkan result yang baik.

sumber:http://www.nist.gov/baldrige/publications/business_nonprofit_criteria.cfm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *